Sunday, July 15, 2012

Soyuz berhasil meluncur ke ruang angkasa

Pesawat ruang angkasa Rusia, Soyuz yang membawa tiga astronot berhasil mengudara menuju Stasiun Ruang Angkasa Internasional, ISS.

Soyuz mengangkut tiga astronot yang masing-masing berasal dari Rusia, Jepang dan Amerika dan berangkat dari Kazakhstan pada hari Minggu (15/07) pukul 02.40 GMT atau sekitar pukul 09.40 WIB.


Pesawat Soyuz dijadwalkan akan tiba di Stasiun Ruang Angkasa Internasional, ISS pada hari Selasa mendatang. ISS sendiri merupakan komplek penelitian ruang angkasa yang dibangun dengan biaya sebesar US$100 milyar atau Rp946,5 triliun yang mengorbit pada ketinggian 385km dari Bumi.

Lembaga penerbangan antariksa AS, NASA mengatakan roket Soyuz TMA-05M berhasil meluncur ke ruang angkasa dengan mulus dalam penerbangan kali ini.

Ketiga astronot yang berangkat hari ini yaitu astronot Rusia Yuri Malenchenko, astronot Jepang, Akihiko Hoshide dan Sunitia Williams dari AS akan bergabung dengan tiga astronot lainnya yang telah lebih dulu berada di ISS.

Menurut Associated Press pekan depan pesawat milik Jepang akan juga tiba di ISS diikuti dengan delapan pesawat lain yang juga akan melakukan kontak dengan satelit yang ada.

NASA sendiri sebelumnya telah mengakhiri program pengiriman pesawat ulang alik pada July 2011 lalu dan sejak itu astronot AS sangat bergantung pada penerbangan Soyuz untuk mengangkut mereka menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Sumber : lintas.me

No comments:

Post a Comment