Tuesday, July 17, 2012

Facebook Memindai Percakapan Para Penggunanya

Facebook sudah memiliki alat pemindai percakapan para pengguannya. Bila didapati percakapan yang mencurigakan, maka Facebook pun akan memberittahukan pihak yang berwajib.
Tekhnologi pemindai ini memantau percakapan kata per kata, ataupun frase yang menimbulkan sinyal sesuatu yang mencurigakan seperti pertukaran data pribadi atau malah penggunaan kata vulgar.
"Kami tidak ingin menyuruh pegawai kami untuk memantau jalur-jalur komunikasi pribadi, jadi penting rasanya untuk kami menggunakan teknologi yang memiliki peluang eror yang rendah dalam memindai," demikian kata pihak Facebook kepada Reuters.

Tekhnologi pemindai tersebut akan menotifikasi adanya pertukaran informasi pribadi tersebut, kemudian para pegawai Facebook akan mengkaji apakah perlu percakapan tersebut untuk diberitahu pada polisi.
Selanjutnya, seperti dikutip dari Security Watch, Chester mengatakan, penyedia layanan komunikasi cenderung menjaga jarak dengan materi percakapan para penggunanya. Sebab berdasarkan aturan the Safe Harbor, bukanlah menjadi salah si penyedia layanan bila ternyata penggunanya memanfaatkan jejaring sosial untuk tindakan melawan hukum.
"Jika perusahaan mulai menganalisa muatan yang beredar, maka si perusahaan bisa-bisa dianggap bersalah bila tidak menghentikan aksi kejahatan," tulisnya.

2 comments: