Friday, June 21, 2013

Tugas Bulan ke-3 Pengantar Teknologi Game

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai Interactive Entertainment, Interactive Programs, hal penting yang harus diperhatikan dalam Interactive Entertainment, fungsi GUI ataupun komponen GUI dan event dalam konsep struktur Interactive Program. Tanpa basa-basi lagi berikut ini merupakan pembahasannya.

Interactive Entertainment itu sendiri artinya apa sih?
Menurut beberapa sumber yang ada interactive entertainment yaitu mengacu pada usaha memproduksi dan mendistribusikan produk dan layanan, yang nilai hiburan (atau hasil) dapat dipengaruhi oleh pengguna melalui langsung umpan balik (feedback). Konsep dari interactive entertaiment itu sendiri yaitu bagaimana cara seseorang memberikan informasi yang dapat berupa kombinasi teks, gambar, animasi ataupun video yang telah diberi kemampuan untuk mengatur atau mengontrol elemen elemen yang telah dibuat sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan informasi yang ada.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan dalam Interactive Entertainment itu?
Dalam interactive entertaiment terdapat 2 hal penting yang harus diperhatikan yaitu dari segi user maupun segi programnya. Peran User dalam hal ini apabila dalam sebuah program, user sangat penting. Karena alasan  dibuatnya program untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user. Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada program tersebut. Sedangkan peran interactive entertainment dari segi program juga penting. Interactive programming itu sendiri sebuah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai antarmuka (Interface) utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.


Kemudian GUI itu sendiri apa?
Dalam pembahasan interactive entertainment, kita juga membahas sedikit mengenai GUI yang merupakan salah satu pendukung interactive system. GUI sendiri singkatan dari Graphical User Interface yang memiliki beberapa fungsi, antara lain: pointing device dengan perangkat berupa mouse, sebagai plug and play yang mana memudahkan user dalam  menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi), untuk membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user, digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis, Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya, dan untuk pembuatan website. GUI (Graphical User Interface) memiliki beberapa komponen-komponen yang mewarisi kelas JComponent antara lainnya :
>> Tombol: JButton, JCheckBox, JRadioButton, JMenuIte
>> Combo box: Jcombobox

>> Label:JLabel

>> List:JList

>> Menu:JMenu, JMenultem
>> Tabel:JTabel

>> Text Field:JTextField

Didalam komponent GUI terdapat event GUI, dimana tanpa event ini peran GUI tidak akan berjalan. Event merupakan suatu kejadian yang terjadi karena adanya interaksi user dengan komponen-komponen GUI. Beberapa macam event untuk komponen GUI, misalnya :
 
> Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user. Bagian-bagian pentingnya yaitu event source dan event listener / Handler.
> Event Object
Ketika sebuah event terjadi (ketika user berinteraksi dengan komponen GUI) sebuah object event diciptakan. Object berisi semua informasi yang perlu tentang event yang telah terjadi. Informasi meliputi tipe dari event yang telah terjadi, seperti ketika mouse telah di-klik. Ada beberapa class event untuk kategori yang berbeda dari user action. Sebuah event object mempunyai tipe data mengenai salah satu dari class ini. Objek yang terbentuk saat terjadi event yaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti: tekan button, ketik di text field, dll.
> Event Source
Mengacu pada komponen GUI yang meng-generate event. Sebagai contoh, jika user menekan tombol, event source dalam hal ini adalah tombol. Event Source adalah komponen yang mendapatkan suatu event yang kemudian ditangkap oleh Event Listener. Event Source dapat dibedakan dari penamaan komponen itu sendiri, misalnya tombolSimpan, tombolHapus, dll. Dengan adanya penamaan event source ini, sebuah Event Listener akan dapat mendeteksi dari mana Event Listener tersebut berasal.

> Event Listener

Event listener menerima berita dari event-event dan proses-proses interaksi user. Ketika tombol ditekan, listener akan mengendalikan dengan menampilkan sebuah informasi yang berguna untuk user. Beberapa listener yang biasa digunakan dalam mendeteksi event : 
  • ActionListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan status pada objek yang digunakan. Misalnya akibat penekanan tombol mouse atau keyboard. 
  • AdjustmentListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan status pada objek yang digunakan pada saat penyesuaian. Misalnya akibat dari penggeseran scrollbar. 
  • FocusListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan status akibat focus berada pada objek tertentu. Misalnya kursor berada pada textfield. 
  • ItemListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan status pada pilihan yang terdapat pada objek tertentu. Misalnya pemilihan pada checkbox atau radio button. 
  • KeyListener berfungsi untuk menangani reaksi dari keyboard. Misalnya penekanan tombol Ctrl, Alt, dll. 
  • MouseListener berfungsi untuk menangani reaksi dari penekanan tombol pada mouse. 
  • MouseMotionListener berfungsi untuk menangani reaksi akibat mouse digerakkan, misalnya melewati lokasi komponen tertentu. 
  • MouseWheelListener berfungsi untuk menangani reaksi event scroll pada mouse. 
  • TextListener berfungsi untuk menangani event pada text. 
  • WindowListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan jendela akibat ukuran diperbesar, dikecilkan, dipindah maupun ditutup. 
  • WindowFocusListener berfungsi untuk menangani reaksi pada jendela. 
  • WindowStatelListener berfungsi untuk menangani status event jendela.

> Event Handler
Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.
Event dalam Konsep Struktur Interactive Program 
Event dalam konsep struktur interactive program yaitu kejadian yang terjadi atas interaksi dari komputer dengan manusia. Mengenai event dari standard programming dengan interactive programming memiliki perbedaan dimana pada interactive programming, dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan algoritma, program dapat terus dijalankan tanpa harus dihentikan selama penulisan ulang dari program, berbeda dengan standard programming.


 



Referensi:
http://www.noorhayatin.staff.umm.ac.id
http://en.wikipedia.org/wiki/Interactive_entertainment
http://www.slideshare.net/dinakan1/11-komponen-gui
http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna_grafis
http://ghadinkz23.blogspot.com/2010/12/pengertian-gui-dan-cli.html
http://ratnokustiawan.wordpress.com/2011/01/22/gui-event-handling/
http://dwinitapita.blogspot.com/2013/05/tugas-3-pengantar-teknologi-game.html

Tabel Kinerja:
Teman Kerja:
Jonmun Putra Siregar
Sabrina Frista Revi

No comments:

Post a Comment