Monday, December 3, 2012

ERD Peminjaman Peralatan IT

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai ERD Peminjaman Peralatan IT. Data ini saya dapatkan dari PT. Duta Visual Nusatara Tivi Tujuh (Trans|7). Postingan kali ini merupakan tugas kelompok yang saya kerjakan bersama teman-teman saya di kampus yang kemudian dosen matakuliah ini menjadikannya sebagai tugas individu yang materinya di posting ke blog masing-masing dari blog kelompok saya.


Sebelumnya saya akan membahas mengenai ERD itu sendiri. Apa sih ERD itu? ERD yang merupakan singkatan dari Entity Relationship Diagram adalah kumpulan dari relasi-relasi yang mengandung seluruh informasi berkenaan suatu entitas / objek yang akan disimpan di dalam database. Tiap relasi disimpan sebagai sebuah file tersendiri. Perancangan basis data merupakan suatu kegiatan yang setidaknya bertujuan sebagai berikut:
  • Menghilangkan redundansi data 
  • Meminimumkan jumlah relasi di dalam basis data 
  • Membuat relasi berada dalam bentuk normal, sehingga dapat meminimumkan permasalahan berkenaan dengan penambahan, pembaharuan dan penghapusan.
ERD adalah suatu pemodelan dari basisdata relasional yang didasarkan atas persepsi di dalam dunia nyata, dunia ini senantiasa terdiri dari sekumpulan objek yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Suatu objek disebut entity dan hubungan yang dimilikinya disebut relationship. Suatu entity bersifat unik dan memiliki atribut sebagai pembeda dengan entity lainnya.

Setelah observasi yang saya lakukan bersama dengan teman-teman saya, kelompok saya dapat menyimpulkan bahwa ERD Peminjaman Peralatan IT milik PT. Duta Visual Nusatara Tivi Tujuh (Trans|7) kira-kira seperti pada gambar berikut ini.
 
ERD di atas dibuat berdasarkan argumentasi kelompok saya, dikarenakan rahasia perusahaan.
 
Saya akan jelaskan mengenai ERD yang dibuat kelompok saya. ERD tersusun dari Entitas, Relasi, dan Atribut. Entitas yang digunakan pada diagram di atas hanya dua yaitu Karyawan dan Barang. Kemudian Relasi yang digunakan adalah Meminjam. Atribut merupakan pendeskripsian karakteristik dari entitas. Atribut digambarkan dalam bentuk lingkaran atau elips.
 
Dengan demikian dapat dijelaskan ketika seorang karyawan akan meminjam sebuah barang harus menyertakan bahwa karyawan tersebut dari divisi apa, namanya siapa, dari departemen apa, dan harus mempunyai NIK. Semua atribut tadi diproses ke dalam database. Tetapi dalam proses meminjam tidak hanya sebatas atribut itu saja yang diperlukan. Untuk memastikan bahwa data si peminjam valid dan dapat dipertanggungjawabkan maka pada proses penginputan database meminjam diperlukan atribut seperti tanggal pinjam, jenis barang, kode barang, dan jumlah barang. Kode barang dan jenis barang diperlukan untuk mempermudah identifikasi barang apa yang akan dipinjam, makanya kedua atribut ini diperlukan dalam proses meminjam. Setelah semua atribut diproses dalam proses peminjaman barang dan valid, maka karyawan tersebut akan menerima barang yang akan dipinjam.

No comments:

Post a Comment