Thursday, April 19, 2012

Inheritance & Polimorfisme

Pada kali ini saya membahas tentang penggunaan konsep Inheritance dan polimorfisme pada pemrograman Java yang merupakan tugas kuliah saya bersama rekan kerja saya Rizqi Bunga Yuliandini. Istilah Inheritance atau pewarisan yang dikenal dalam pemrograman merupakan penurunan sifat atau pewarisan method dari suatu kelas ke kelas yang lain, dimana kelas yang diwariskan sifat bisa memiliki sebagian atau bahkan keseluruhan sifat yang dimiliki oleh kelas yang mewarisi.

Suatu kelas yang mewariskan sifat biasa disebut dengan super class atau kelas induk, sedangkan kelas yang diwariskan biasa disebut dengan sub class atau  kelas turunan/ kelas anak.

Sedangkan istilah polimorfisme dalam program biasanya merupakan modul atau metode yang memiliki nama  yang sama, namun bisa melakukan aksi yang berbeda-beda. Polimorfisme juga merupakan fitur utama dalam pemrograman berbasis objek.

            Demikian lah sekilas tentang pengertian dari Inheritance dan polimorfisme, kemudian di bawah ini saya akan memberikan sebuah contoh program yang menerapkan kedua konsep ini. Di bawah ini merupakan listing programnya.


Listing

class Mobil
{
public void injakPedalGas( )
{
System.out.println("Mobil berjalan...");
}
}
class Kijang extends Mobil
{
 public void injakPedalGas( )
{
System.out.println("Mobil Melaju dengan kecepatan 80 Km/jam...");
}
}
class Escudo extends Mobil
{
 public void injakPedalGas( )
          {
System.out.println("Mobil Melaju dengan kecepatan 70 Km/jam...");
}
}
class BMW extends Mobil
{
public void injakPedalGas( )
{
System.out.println("Mobil Melaju dengan kecepatan 100 Km/jam...");
}
}
public class testmobil
{
public static void main(String[] args)
{
Mobil mobil = new Mobil( );
Kijang kijang = new Kijang( );
Escudo escudo = new Escudo( );
BMW bmw = new BMW( );
mobil.injakPedalGas( );
mobil = kijang;
mobil.injakPedalGas( );
mobil = escudo;
mobil.injakPedalGas( );
mobil = bmw;
mobil.injakPedalGas( );
}
}

Dapat dilihat pada program di atas saya menggunakan beberapas sub class atau kelas turunan yang dinyatakan dengan class sedangkan untuk super class atau kelas induk dinyatakan dengan public class. Sub-sub class tersebut nantinya akan dipanggil pada super class dan akan menjalankan program-program yang berada pada masing-masing sub class tersebut secara terurut sesuai syntax di program utama atau pada super class, karena program yang berada pada sub class tersebut akan mewariskan sifatnya ke super class. Nah untuk konsep pemanggilan sub kelas ini pada program utama dapat dikatakan sebagai polimorfisme karena pemanggilan dengan nama yang sama akan menghasilkan output yang berbeda-beda.


Kemudian di bawah ini merupakan ouput dari program yang saya buat.

Output




No comments:

Post a Comment