KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya penulis dapat menyelesaikan tugas kuliah ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah Pengantar Bisnis informatika.
Dalam proses penyusunan tugas ini penulis menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Jakarta, Desember 2013
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan : De’Chall Computer
Alamat perusahaan : Jl. Daan Mogot, No. 37 Jakarta Barat
No. Telp : (021) ...............
1.2. Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik : Ahmad Faissal
Alamat pemilik : Kp. Sukatani RT/01 RW/04, Jakarta Barat
No. Telp : .................
1.3. Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama : Suryadi sumingrat
Alamat : Kp. Sukatani RT/01 RW/05, Jakarta Barat
No. Telp : .................
1.4. Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami
bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka macam
perlengkapan perangkat keras alat-alat komputer (hardware) dan perangkat
lunak (software) yang bergaransi resmi.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
2) Menyediakan
kebutuhan perlengkapan alat-alat komputer (hardware) dan perangkat
lunak komputer (software) bagi masyarakat, supaya lebih mudah.
3) Mengurangi tingkat pengangguran.
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan (konsumen), dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1. Latar Belakang
Dengan semakin
berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap
pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan perlengkapan perangkat keras
alat-alat komputer (hardware) dan perangkat lunak komputer (software),
maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha yang up to date dan
mengerti akan kebutuhan masyarakat untuk memenuhi perlengkapan perangkat
keras alat-alat komputer (hardware) dan perangkat lunak komputer
(software) tersebut.
Perusahaan Bisnis De’Chall Computer ini berdiri atas kerja sama serta keinginan kami yang memiliki hobi dan kegemaran serta pemahaman dalam bidang komputer, karena seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga membutuhkan perlengkapan alat-alat komputer serta perangkat lunaknya yang tentunya kami jual secara resmi guna untuk memenuhi kebutuhan akan perlengkapan komputer tersebut.
De’Chall Computer didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang perlengkapan perangkat keras alat-alat teknologi IT yang tentunya kami jual dengan garansi resmi serta legal secara hukum.
2.2. Visi dan Misi
Visi : Mitra dan
solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam
hal perlengkapan perangkat keras alat-alat komputer (hardware) serta
perangkat lunaknya (software).
Misi : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto : ” De’Chall Computer : Everything Official Warranty”
2.3. Lokasi
Lokasi yang dipilih
merupakan tempat yang strategis di Ruko-ruko perumahan Komp. Daan Mogot
karena berada tidak jauh dari Mall Daan Mogot, lokasi mudah terlihat
dan berada di jalan utama yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat
sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
2.4. Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat
yang dibutuhkan pada awal membuka usaha ini tidak terlalu luas dan juga
tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 15m x 8m.
2.5. Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore.
2.6. Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service” sehingga
pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat
mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.
2.7. Konsep Promosi
Membuat sebuah
display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari
pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis De’Chall Computer akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.8. Target Pelanggan
Target pelanggan De’Chall Computer adalah
: seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan perangkat keras komputer
dan perangkat lunak, serta kawasan perkantoran guna untuk memenuhi
kebutuhan dari sistem komputerisasi masing-masing, dan mengembangkan dan
memperbaiki serta meningkatkan sistem komputernya.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1. Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya
tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal
teknologi komputer dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha
ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan kebutuhan alat-alat
perangkat keras komputer (Hardware & Software) di kalangan
masyarakat terutama sekitar Perumahan Daan Mogot serta kawasan
Perkantoran di Ruko Daan Mogot pada saat ini sangat besar.
3.2. Analisis Persaingan
Berdasarkan
pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang
kami dirikan usaha perlengkapan alat-alat perangkat keras komputer
(hardware) dan perangkat lunak (software) ini masih belum terdapat
sebuah tempat usaha jenis tersebut yang bergaransi resmi dan legal, maka
dari itu kami ingin membangun usaha tersebut dengan bergaransi resmi
dan legal serta dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
3.3. Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
De’Chall Computer membidik
pasar dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan
serta bergaransi resmi. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini
dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat
masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke
tempat kami. Karena segmen pasar usaha ini cenderung banyak sehingga hal
ini dapat memicu persaingan dengan usaha sejenis lainnya.
Pada awalnya
pemenuhan permintaan perlengkapan alat-alat komputer dapat dipenuhi,
akan tetapi dengan semakin tinggi perkembangan teknologi, maka kemampuan
kami untuk memenuhi kebutuhan pasar semakin rendah. Hal ini mendorong
kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan
pasar.
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1. Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya
kebutuhan masyarakat akan perlengkapan alat-alat komputer dan software
lainnya sehingga menghabiskan cukup banyak hardware serta software dalam
sehari, belum termasuk aksesoris perlengkapan komputer lainnya yang
semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya diperkantoran yang
ingin mengganti hardware yang rusak serta ingin memiliki software
penunjang bisnis perkantoran yang terbaru.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
- Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
- Bermacam-macam merek beserta garansi resmi dari masing-masing merek tersebut.
Kegunaan produk :
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
- Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
- Kualitas produk terjamin
- Bergaransi resmi
4.2. Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup
lingkup usaha toko komputer ini kami rancang dengan sebaik mungkin
karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan
kami, maka dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk
konsumen.
Perusahaan De’Chall
Computer terletak Jl. Daan Mogot, No. 37 Jakarta Barat. Toko ini sudah
memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi
tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses
transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar karena merupakan
jalan utama.
4.3. Personalia dan Perlengkapan Kantor
Pemilik : Ahmad Faissal
Penanggung Jawab : Suryadi Sumingrat
Sekretaris : Vany Lestari
Bendahara : Danang Sudiro
BAB V
RENCANA PRODUKSI
5.1. Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan De’Chall Computer ini dapat dilihat sebagai berikut :
Supplier Resmi → De’Chall Computer → Konsumen
5.2. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber
supplier hardware maupun software, kami mengambil dari supplier atau
perusahaan yang sudah terjamin dan bergaransi resmi dan telah teruji
kualitasnya, sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik
dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1. Penetapan Harga
Harga yang akan
dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat
sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami
tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang
ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan
perkembangan selanjutnya.
6.2. Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang
dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih
mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam
menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
6.3. Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
- Membuat pamflet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
- Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
- Membuat katalog-katalog mengenai yang sedang promo / diskon.
BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
7.1. Job Description
· Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
· Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dibutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
· Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
· Penanggung jawab
bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi
di Toko dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya
dalam melayani pelanggan.
· Karyawan bertugas melayani para pelanggan dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.
7.2. Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim
management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai
dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha Toko
perlengkapan alat-alat komputer tersebut. Selain itu dituntut
profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status Kepemilikan Usaha :
Badan usaha adalah
kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan.
Adapun status kepemilikan distro De’Chall Computer yaitu perseroan.
Dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik toko.
BAB VIII
RISIKO
8.1. Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
- Strength (Kekuatan)
1. Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2. Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3. Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4. Menjual produk yang berkualitas
- Weaknes (Kelemahan)
1. Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2. Berubahnya kondisi perekonomian
- Oportunity (Peluang)
1. Dengan tetap
manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing
walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan
muncul di kemudian hari.
2. Saat ini dengan
belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Komp. Daan Mogot,
membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
- Threaty (Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan beraneka ragam promosi diskon.
8.2. Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang
dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan
pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya toko-toko yang menjual
perlengkapan alat-alat perangkat keras dan software yang lebih murah
ataupun toko yang berskala internasional.
Dengan ini maka
lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi toko lainnya.
Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan
dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya bergaransi resmi dari
berbagai merek yang tersedia yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu
untuk datang ke tempat kami.
BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN
9.1. Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal
mula pendirian De’Chall Computer yaitu dari pemilik toko sendiri.
Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang
perdagangan.
9.2. Neraca Permulaan Perusahaan
Biaya produksi per tahun terdiri dari :
9.3. Proyeksi Aliran Kas
Untuk usaha ini
kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata
untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 950 lebih juta unit
pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah
sekitar 250 – 300 juta pertahun. Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah
bisa balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami tinggal
mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke
luar daerah.
9.4. Analisis titik Impas (BEP)
Untuk menganalisis
titik impas dari produk kami, kami mengambil sampel dari jenis kaos
dengan. Biaya tetap yang anda keluarkan adalah 50.000.000. Biaya
variabelnya sebesar 500.000 ribu rupiah per unit. Kemudian anda
berencana menjual macam-macam jus buah tersebut dengan harga 5 ribu
rupiah per gelas. Maka titik impas atau BEP-nya adalah :
1. BEP (dalam unit) = 250.000 : (5.000 – 3.000) = 125 unit.
2. BEP (dalam rupiah) = 250.000 : 1 – (3.000 : 5.000) = 625000 rupiah.
catatan :
jadi, anda harus
berjualan jus buah sebanyak 125 gelas atau menjual sebesar 625 ribu
rupiah agar anda mencapai titik impas. Maksudnya adalah 125 gelas atau
625 ribu rupiah tadi sudah bisa anda gunakan buat bayar semua
pengeluaran usaha jus anda tanpa anda harus rugi.
Dan apabila anda
mampu menjual 126 gelas, berarti yang satu gelas tadilah keuntungan
anda. Paham kan? Kesimpulannya adalah apapun tipe bisnis anda, di awal
anda melangkah, usahakan selalu menghitung berapa titik impas atau BEP
produk anda. Jadi anda sudah punya bayangan, oo…harus jual segini tho
agar usahaku aman. Atau oo…harus dapat pemasukan segini buat bisa jalan
lagi. Analisa Keuangan 4 Tahun Mendatang.
(Note : Perkiraan Break Event Point Pada Tahun Ketiga).
9.5. Perencanaan Laba Rugi (CASH FLOW)
BAB X
APENDIKS
Sebagai pelangkap dari proposal ini, maka kami lampirkan pula
1. Daftar Harga dari Pemasok Barang
2. Surat Tanda Daftar Usaha Perdagangan
3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
referensi :
No comments:
Post a Comment